Senin, 24 Maret 2014

LANGIT KE TUJUH

h1

PENGHUNI KETUJUH BUMI!

PENGHUNI KETUJUH BUMI! 
BUMI ADA TUJUH LAPIS, DAN ADA PENGHUNINYA MASING-MASING!
BUMI ADA TUJUH LAPIS, DAN ADA PENGHUNINYA MASING-MASING! 
TUJUH LAPIS BUMI!
TUJUH LAPIS BUMI! 
SESUNGGUHNYA BUMI ITU ADA TUJUH LAPIS, AND DI SETIAP LAPISAN-LAPISAN BUMI ADA PENGHUNI-PENGHUNINYA MASING-MASING!
SESUNGGUHNYA BUMI ITU ADA TUJUH LAPIS, AND DI SETIAP LAPISAN-LAPISAN BUMI ADA PENGHUNI-PENGHUNINYA MASING-MASING! 
DI SETIAP LAPISAN LANGIT DAN DI SETIAP LAPISAN BUMI MEMILIKI MASING-MASING NABI TERSENDIRI, DAN NABI-NABI ITU SERUPA DENGAN NABI YANG ADA DI MUKA BUMI INI!
DI SETIAP LAPISAN LANGIT DAN DI SETIAP LAPISAN BUMI MEMILIKI MASING-MASING NABI TERSENDIRI, DAN NABI-NABI ITU SERUPA DENGAN NABI YANG ADA DI MUKA BUMI INI! 
DI MUKA BUMI INI ADA NABI IBRAHIM AS, MAKA DI LAPISAN BUMI YANG LAIN JUGA ADA NABI IBRAHIM LAIN YANG SERUPA DENGAN NABI IBRAHIM YANG ADA DI MUKA BUMI INI!
DI MUKA BUMI INI ADA NABI IBRAHIM AS, MAKA DI LAPISAN BUMI YANG LAIN JUGA ADA NABI IBRAHIM LAIN YANG SERUPA DENGAN NABI IBRAHIM YANG ADA DI MUKA BUMI INI!
Assalamu ‘alaykum wa rahmatullahi ta’ala wa barakatuh. 
Yaa akhi / yaa ukhti, berdasarkan atsar Ibnu ‘Abbas -Radhiyallahu’anhuma-,bahwasanya di masing-masing bumi ada penghuninya.
Disini ana akan menuliskan pembahasan ringkas dalam masalah Atsar Ibnu Abbas -Radhiyallahu’anhuma- yang berkaitan dengan makhluk-makhluk Allah yang menghuni masing-masing bumi, yang semuanya ada tujuh bumi. Semoga bermanfa’at bagi para pembaca ini.
Atsar ini diriwayatkan oleh At Thabari di dalam tafsirnya:
قال الطبري في تفسيره (ج 23 / ص 469): حدثني عمرو بن عليّ ومحمد بن المثنى، قالا ثنا محمد بن جعفر، قال: ثنا شعبة، عن عمرو بن مرّة، عن أَبي الضحى، عن ابن عباس، قال في هذه الآية:﴿اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الأرْضِ مِثْلَهُنَّ﴾ قال عمرو: قال: في كل أرض مثل إبراهيم ونحو ما على الأرض من الخلق. وقال ابن المثنى: في كلّ سماء إبراهيم.
Telah menceritakan kepadaku ‘Amr bin ‘Ali dan Muhammad bin Mutsanna, keduanya berkata bahwa telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far, berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari ‘Amr bin Murroh, dari Abi Dhuha dari Ibnu ‘Abbas -Radhiyallahu’anhuma-, berkata dalam ayat ini:
﴿اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الأرْضِ مِثْلَهُنَّ﴾
﴾Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi.) ‘Amr berkata, bahwa Ibnu ‘Abbas berkata: “Pada setiap bumi ada Ibrahim dan ada juga yang seperti makhluk-makhluk yang ada di muka bumi ini!”. Ibnu Mutsanna telah berkata: “Di setiap langit ada Ibrahim“. (Diriwayatkan pula oleh Al-Hakim (3782), dan darinya Al-Baihaqi di Asma was Shifat (458) dari jalan Syu’bah).
Juga diriwayatkan oleh Al-Hakim di Mustadrok (3781) dan darinya Al-Baihaqi di Asma was Shifat (831):
أخبرنا أحمد بن يعقوب الثقفي ، ثنا عبيد بن غنام النخعي ، أنبأ علي بن حكيم ، ثنا شريك ، عن عطاء بن السائب ، عن أبي الضحى ، عن ابن عباس رضي الله عنهما ، أنه قال : ﴿ الله الذي خلق سبع سماوات ومن الأرض مثلهن ﴾ قال : « سبع أرضين في كل أرض نبي كنبيكم وآدم كآدم ، ونوح كنوح ، وإبراهيم كإبراهيم ، وعيسى كعيسى » هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه
Telah bercerita kepada kami Ahmad bin Ya’qub Atsaqofi, bercerita kepada kami ‘Ubaid bin Ghonaam An-Nakho’i, menceritakan kepada kami ‘Ali bin Hakim, bercerita kepada kami Syariik, dari ‘Atho bin Saaib, dari Abi Dhuha, dari Ibnu Abbas bahwa dia berkata:
﴿اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الأرْضِ مِثْلَهُنَّ ﴾
﴾Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi.) Ibnu Abbas telah berkata: “Sebenarnya ada tujuh bumi, di dalam setiap masing-masing bumi ada masing-masing nabi seperti nabi kalian (nabi-nabi yang ada di muka bumi ini), dan disana (di setiap bumi-bumi yang lain) ada Nabi Adam yang seperti Nabi Adam di muka bumi ini, ada Nuh yang seperti Nuh di muka bumi ini, ada Ibrahim yang seperti Ibrahim di muka bumi ini, ada ‘Isa yang seperti ‘Isa di muka bumi ini“.
Derajat Atsar Ini Menurut Para Ulama:
  1. Al-Hakim -Rahimahullah- berkata: هذا حديث صحيح الإسناد و لم يخرجاه,“Ini adalah hadits shahih, sanadnya shahih, dan Bukhari serta Muslim tidak mengeluarkannya, dan disepakati oleh Adz-Dzahabi”.
  2. Adz-Dzahaby -Rahimahullah- berkata di dalam kitab Al-’Uluw (1/75), setelah menyebutkan Al-Hakim (sanad) dari jalan ‘Atho bin Saib: شريك وعطاء فيهما لين لا يبلغ بهما رد حديثهما وهذه بلية تحير السامع كتبتها استطرادا للتعجب وهو من قبيل اسمع واسكت. “Syarik dan ‘Atho pada keduanya liin (lemah), tidak sampai pada keduanya, (derajat) tertolaknya hadits keduanya, dan ini adalah musibah yang membuat ragu pendengar, aku tulis ini sekedar lewat saja, karena ta’ajub, dan ini termasuk dari sisi (pepatah): Dengar dan diam!”.
  3. Syaikh Muqbil -Rahimahullah- berkata di dalam tahqiq Mustadrak (2/580): وفقهما الله لتنزيه كتابيهما من هذه الأباطيل ، ولو سلكا مسلكك ما رفع شأنهما، وشريك ساء حفظه لما ولي القضاء ، وعطاء بن السائب مختلط، والأثر منكر. ووالأثر الذي بعده ليس صريحا كالأول. “Alloh telah memberi taufiq kepada mereka berdua (Imam Bukhori dan Imam Muslim) untuk membersihkan kitab-kitab mereka dari kebatilan-kebatilan semacam ini. Kalau keduanya menapaki jalanmu ini, maka tidak akan terangkat keadaan keduanya. Syariik itu jelek hapalannya ketika menjadi qodi, dan Atho’ bin Saib mukhtalith, maka atsar ini mungkar, dan atsar setelahnya (dari jalan Abu Dhuha) tidak sejelas yang pertama”.
  4. Al-Baihaqy -Rahimahullah- berkata: إسناد هذا عن ابن عباس صحيح وهو شاذ بمرة لا أعلم لأبي الضحى عليه متابعا والله أعلم  “Sanadnya Shohih dari Ibnu Abbas dan dia itu syaadz (ganjil), aku tidak mengetahui mutaabi’ (yang mengikuti untuk menguatkan) untuk Abi Dhuha, wallahu ‘alam”.
  5. As-Suyuthy -Rahimahullah- berkata:   هذا من البيهقي في غاية الحسن فإنه لا يلزم من صحة الإسناد صحة المتن لاحتمال صحة الإسناد مع أن في المتن شذوذا أو علة تمنع صحته .   “Perkataan Al-Baihaqy ini sungguh sangat baik, karena tidak mesti dari shahih sanadnya dan shahih matannya, karena bisa jadi shahih sanadnya bersama dengan itu terdapat pada matannya syudzudz atau ‘illah (cacat) yang mencegah keshahihannya!”. (Lihat Kasyful Khofa (1/113 no:316)).
  6. Ibnu Katsir -Rahimahullah- berkata di dalam Bidayah wan Nihayah (1/22):  فهذا ذكره ابن جرير مختصرا واستقصاه البيهقي في الاسماء والصفات وهو محمول إن صح نقله عنه على أنه أخذه ابن عباس رضي الله عنه عن الاسرائيليات والله أعلم  “Dan atsar ini di sebutkan oleh Ibnu Jarir secara ringkas, dan Al-Baihaqy secara sempurna di Asma was Shifaat, dan itu kalau toh shahih penukilannya dari Ibnu Abbas -Radhiyallahu’anhu-, maka ada kemungkinan Ibnu ‘Abbas mengambilnya dari Kisah-Kisah Isra’iliyat. Wallahu a’lam”.
  7. As-Sakhawi -Rahimahullah- berkata di dalam Maqosidil Hasanah (1/27) setelah menukil kalam Ibnu Katsir:   وذلك وأمثاله، إذا لم يخبر به ويصح سنده إلى معصوم فهو مردود على قائله.   “Perkara itu dan yang semisalnya jika tidak dikhabarkan dengannya, dan shohih sanadnya kepada ma’shum (nabi), maka itu tertolak atas pengucapnya”.
  8. As-Syinqithy -Rahimahullah- berkata di dalam Adwaul Bayaan (1/431) setelah menyebutkan hadits-hadits tentang ketujuh bumi: فهذه أحاديث صحيحة أثبتت أن الأرضين سبع ، ولم يأت تفصيل للكيفية ولا للهيئة فثبت عندنا العدد ولم يثبت غيره ، فنثبته ونكل غيره لعلم الله تعالى . “Maka hadits-hadits diatas yang shohih menetapkan bahwa bumi itu tujuh jumlahnya, dan tidak datang kepada kita perincian, untuk kaifiyahnya dan tidak pula bentuk keadaannya, yang tetap pada kita hanyalah jumlahnya (bilangannya), dan tidak tetap yang selain itu, maka kita tetapkan sebagaimana adanya yang telah tetap, dan kita pasrahkan selainnya kepada ilmu Allah -Ta’ala-!”.
  9. Syaikh Ibnu ‘Utsaimin -Rahimahullah- berkata di dalam Tafsir Qur’an Ibnu ‘Utsaimin (6/15):   أي: مثلهن في العدد لا في الصفة، لأن التماثل في الصفة بين الأرض والسماء بعيد جداً، لكن مثلهن في العدد، وصرحت بذلك السنة في قول النبي صلى الله عليه وسلم «من اقتطع شبراً من الأرض ظلماً طوقه الله يوم القيامة به من سبع أراضين»   “Maksudnya yang semisalnya dalam bilangannya, bukan dalam sifatnya, karena keserupaan pada sifat antara bumi dan langit sangatlah jauh, akan tetapi keserupaan pada jumlah, karena telah nyata dalam Assunnah pada ucapan Nabi Muhammad -Shallallahu ‘alaihi wasallam-: ‘Barangsiapa yang memotong satu jengkal saja dari bumi dengan kezhaliman, maka dia akan dibebani untuk memikul tujuh bumi pada hari kiamat!’. Selesai!”.
Wallahu a’lam bi showwab. 
Wassalamu ‘alaykum wa rahmatullahi ta’ala wa barakatuh.

http://ajaranislamyanghaq.wordpress.com/penghuni-ketujuh-bumi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar